Bone Raih Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha Tahun 2018

61

Pemerintah Kabupaten Bone memperoleh penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Penghargaan itu diberikan berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Pemerintah Kabupaten Bone tahun 2016.

Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25/TK Tahun 2018 tentang penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, tanggal 10 April 2018.

Penghargaan bergensi ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (JK) diterima langsung oleh Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si.di Jakarta, Rabu 25 April 2018. Di mana sebelumnya Andi Fahsar menerima undangan resmi dari kemendagri.

Oleh karena itu, Atas prestasi dan kinerja yang dilakukan selama pemerintahannya periode 2013-2018, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi berhak menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Penghargaan diserahkan dalam rangkaian peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22, Rabu 25 April 2018. Dan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha’ tahun 2018 ini hanya diberikan kepada 7 (tujuh) orang kepala daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Berikut nama 7 (tujuh) kepala daerah yang mendapat Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha tahun 2018:

1. Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi (Prov.Sulsel)
2. Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A Sappewali (Prov.Sulsel)
3. Walikota Parepare, Taufan Pawe (Prov.Sulsel)
4. Bupati Malang, Hendra Kresna (Prov.Jatim)
5. Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (Prov.Jatim)
6. Bupati Kuningan, Acep Purnama, (Prov.Jabar), dan
7. Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah (Prov.Banten)

Usai menerima penghargaan Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengatakan ini adalah anugerah dan berkat kerja sama semua pihak bapak wakil bupati, Sekda Bone, DPRD Bone,dan para OPD serta masyarakat Bone sehingga kita dapat meraih penghargaan ini.

“Olehnya itu saya mengucapkan banyak terima kasih, tanpa kerja sama dari semuanya, hasil ini tidak bisa dicapai,” tutur Andi Fahsar Mahdin Padjalangi.

Pada acara penyerahan penghargaan, Mendagri Tjahjo Kumolo melaporkan kepada Wapres JK soal program penghargaan yang sering diadakan rutin oleh Kemendagri terhadap Kepala Daerah yang berprestasi.

“Kami melaporkan singkat kepada Bapak Wakil Presiden, kami ucapkan terima kasih karena sudah hadir untuk menyerahkan penghargaan yang sudah tiap tahun rutin memberikan penilaian, bukan hanya kemendagri tapi sektor lainnya juga menentukan sebuah daerah itu sukses atau tidak,” kata Tjahjo.

Sementara itu, Wapres JK dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang mendapat penghargaan. Ia berharap agar prestasi yang didapat oleh para Kepala Daerah hari ini dapat menjadi contoh untuk kepala daerah lainnya.

“Saya ucapkan selamat kepada Bupati yang dapat penghargaan, tentu bagi kita semua penghargaan itu penting, karena sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dicapai, sekaligus untuk para pejabat yang lainnya ini patut untuk jadi contoh,” kata Wapres.

Wapres juga berharap agar para Kepala Daerah yang mendapatkan penghargaan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. “Harapan kami semoga Kepala Daerah yang mendapatkan penghargaan ini agar dapat menjalankan fungsi-fungsi dan tugasnya sebagai kepala daerah dengan baik, sesuai dengan penghargaan yang telah dicapai,”imbuhnya.

Acara penyerahan penghargaan dihadiri Penjabat Bupati Bone Ir.H.A.Bakti Haruni, ketua DPRD Bone, Asisten II Setda Bone, Pejabat SKPD, dan Kabag Pemerintahan Setda Bone.