REKOMENDASI SURAT IJIN USAHA JASA KONSTRUKSI (SIUJK)

2709

Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) adalah izin usaha  yang dikeluarkan Pemerintah Daerah kepada perusahaan untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha jasa konstruksi baik sebagai perencana konstruksi (konsultan), pelaksana konstruksi (kontraktor) atau sebagai pengawas dan perencana konstruksi (konsultan) di berbagai bidang seperti : bidang sipil, mekanikal, telekomunikasi, tata lingkungan, arsitektural dan elektrikal.

surat ijin usaha konstruksi sebagai surat bagi perusahaan yang melaksanakan kegiatan kegiatan konstruksi baik di lingkungan pemerintah, BUMN maupun Non Pemerintahan.

SIUJK wajib dimiliki oleh perusahaan konstruksi dalam mengikuti tender dan mengurangi biaya pph 23, memiliki SIUJK (Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi) berarti perusahaan tersebut sudah memenangkan babak pertama dalam pelelangan karena sudah lulus dalam administrasi perusahaan dan sudah tersertifikasi.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bone sebagai lembaga teknis bertanggungjawab dalam mengeluarkan rekomendasi IUJK yang akan menjadi dasar bagi Instansi Pemerintah non teknis dalam hal ini  Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) untuk menerbitkan SIUJK. ( Download Formulir di Sini )

Berikut alur pelayanan SIUJK oleh instansi nonteknis (DPMPTSP) dan rekomendasi SIUJK oleh instansi teknis (Dinas PU dan PTR).

Persyaratan utama dalam pengurusan rekomendasi SIUJK adalah mempunyai Sertifikat Tenaga Ahli Konstruksi (SKA/SKT) dan Sertifikasi Badan Usaha (SBU) dari LPJK. IUJK / Bidang pekerjaan yang termaktub di SIUJK harus mengikuti yang ada di Sertifikasi badan Usaha Perusahaan tersebut (SBU) dikeluarkan berdasarkan klasifikasi bidang dan sub bidang serta kualifikasi usaha jasa konstruksi Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang dimiliki perusahaan . Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang dimaksud adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Syarat pengurusan rekomendasi SIUJK :

  1. Akta Pendirian Perusahaan
  2. NPWP Perusahaan
  3. SITU (bila ada)
  4. SIUP
  5. KTP Direktur
  6. NPWP Direktur
  7. SBU
  8. TDP
  9. IUJK (Perpanjangan)
  10. Serifikat Tenaga Terampil Perusahaan(SKT/SKA)
  11. Rekomendasi Bebas Temuan
  12. Rekomendasi BPJS
  13. Dokumentasi/Foto :
  • Gedung Kantor ( Tampak Depan )
  • Papan Nama Perusahaan
  • Moebeler & Alat – alat Kantor

Pengurusan rekomendasi SIUJK dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari seminggu. Adapun Daftar Rekomendasi SIUJK yang dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bone dari Tahun 2017 hingga April 2018 dapat dilihat Disini

Formulir permohonan rekomendasi SIUJK ……..Download disini