Konsultasi Publik I Penyusunan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bone Tahun 2013-2033

269

Tindak lanjut Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bone Tahun Anggaran 2019. Senin, 11 November 2019 kembali dilaksanakan  Konsultasi Publik I. Pada kegiatan tersebut dilakukan pemaparan berupa data dan analisa pendukung yang nantinya memperkuat sumber data revisi. Data yang disajikan oleh pihak Konsultan dari  organisasi perangkat daerah (OPD) di Kab. Bone.

Disamping itu juga dilakukan sinkronisasi agar kualitas Rencana Tata Ruang Wilayah Kab. Bone pasca revisi dapat mengakomodir berbagai muatan dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan dengan proyeksi sampai masa berlaku RTRW tahun 2033.

Hal yang menjadi perhatian dalam pembahasan itu adalah kawasan pertanian yang nantinya akan diplot sebagai Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) yang tentunya masih dalam penyiapan data textual dan data spasial. Isu lain adalah kawasan wilayah pertambangan dimana pada perda RTRW mengakomodir 12 wilayah kecamatan. Ada keinginan kalau kawasan wilayah pertambangan dapat melihat potensi di masing – masing kecamatan.

Terkait isu tersebut diatas akan diperjelas dalam konsultasi publik selanjutnya karena banyak pertimbangan teknis diantaranya kondisi geografis dan lingkungan namun akan menjadi perhatian dalam proses revisi ini.

Apa yang dilakukan pada hari ini tak lain adalah hasil dari Peninjauan Kembali (PK) RTRW Kabupaten Bone pada tahun 2017 sebagai acuan untuk melakukan kegiatan revisi.