Pelaksanaan Program Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan Tahun 2019

398
Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

Pemerintah Daerah saat ini dituntut untuk mampu memberikan kinerja pelayanan yang berkualitas dan berorientasi kepada aspirasi masyarakat, lebih efektif, dan bertanggung jawab. Pelayanan di bidang prasarana jalan dan jembatan yang merupakan barang publik utama harus dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat sebab hal itu adalah amanat UU No.38 tahun 2004 Tentang Jalan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bone yang dikhususkan menangani jalan kabupaten adalah amanat dari pasal 13 UU No.38 tahun 2004 mempunyai kewajiban untuk memprioritaskan pemeliharaan, perawatan, dan pemeriksaan (inspeksi) jalan secara berkala agar mampu mempertahankan tingkat pelayanan jalan dan jembatan sesuai standar minimal yang ditetapkan.

Terhitung sejak Januari hingga Oktober tahun 2019 ini, pemeliharaan jalan dan jembatan yang dilaksanakan oleh Seksi pemeliharaan jalan dan jembatan sebanyak 20 ruas jalan dan 2 ruas jembatan. Pemeliharaan rutin ini adalah penanganan yang dilakukan sepanjang tahun dan bersifat sebagai proteksi terhadap kerusakan yang lebih parah (kurang dari 11%). Jenis pemeliharaan antara lain berupa penambalan lubang (patching), pengisian material bahu jalan, perbaikan lantai jembatan, dll. Tentu hal ini belum maksimal sebab masih banyak ruas jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan di Kabupaten Bone, baik yang disebabkan karena penurunan fungsi maupun karena terjadinya bencana seperti banjir dan longsor.

Berikut laporan pemeliharaan jalan dan jembatan sepanajng tahun 2019 (klik disini), baik yang bersumber dari hasil inspeksi jalan, maupun dari aduan masyarakat. Kami mengharapkan partisipasi masyarakat untuk mendukung kami melakukan perbaikan prasarana jalan dan jembatan di Kabupaten Bone.