Bone Dilirik Investor

983

Rabu, 11/12/2019 Kabupaten Bone dilirik investor dari korea, adapun rencana kegiatannya di Kabupaten Bone berupa pembangunan pabrik pengolahan rumput laut. Luas yang dipersiapkan untuk pembangunan pabrik pengolahan dan gudang penampungan tersebut sekitar 0,75 Ha.

Peninjauan lokasi pendirian pabrik tersebut didampingi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bone dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Bone. Hal tersebut untuk menyesuaikan ketepatan lokasi dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Watampone.

Lokasi hamparan lahan untuk zona industri dan pergudangan itu terletak di kelurahan Cellu (Maloi-Dare’e) Kec. Tanete Riattang Timur. Luas yang dipersiapkan sekitar ± 43,56 Ha untuk penggunaan kawasan dan ± 3 Ha untuk penggunaan IPAL. Hal tersebut sesuai dengan arahan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bone Tahun 2013-2033 untuk Peruntukan Kawasan Industri Bone (KIBO) yang terletak di Kecamatan Tanete Riattang Timur dan diperkuat dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Watampone.

Tentu dengan kondisi seperti ini, Pemerintah Kabupaten Bone  harus siap dengan perangkat regulasi teknis dengan menyusun Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL). RTBL merupakan masterplan yang menjadi acuan dalam menata Kawasan Industri Bone.